WISATA SELONDO

  WISATA BUMI PERKEMAHAN SELONDO 


                                       



Wisata bumi perkemahan selondo terletak didesa Ngrayudan,kecamatan jogorogo, kabupaten ngawi, berjarak 30 km dari pusat kota ngawi. letaknya yang berada di kaki gunung lawu selondo memberikan udara yang sangat sejuk dan nyaman.
Selo Ondo berasal dari  kata selo(Jawa) yang mempunyai arti batu dan ondo (jawa) yang mempunyai arti tangga,  Selo Ondo berati tangga batu banyak yang sering menyebutnya selondo. 
sebagian bumi perkemahan selondo(Buper) oleh berbagai komunitas. dan bagus mendukung kegiatan adventure dan penjelejahan serta out bound. terdapat pula sebuah  sungai di jembatan layang yang membelah sungai tersebut terdapat pula area rock climbing bagi yang punya nyali dan meningkatkan adrenalin.
Dalam satu area wisata bumi perkemahan selo ondo desa wisata ngrayudan terdapat beberapa hal menarik yang juga kamu kunjungi seperti;
1. Situs mosinan kijang
2. Sanggar tari Budaya Ngrayudan
3. Sendang kaputren
4. Watu Bungkus
5. juga taman wisata hutan segawen serta river tubing kali cunthang yang tidak jauh dari selo ondo.






Wisata bumi perkemahan selo ondo sering kali digunakan mengisi liburan sekolah atau libuaran bersama keluarga tercinta. wisatawan bumi perkemahan selo ondo ngawi mampu menarik wisatawan baik dari daerah ngawi maupun dari kota ngawi.





Fasilitas di Bumi Perkemahan Selondo
Fasilitas yang ada di obyek wisata Bumi Perkemahan Selondo memang tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temui, seperti di antaranya adalah;
- Kolam renang
Selain berkemah, ada kegiatan asik juga yang bisa anda lakukan bersama keluarga atau teman-teman, yaitu berenang di kolam renang yang disediakan pihak pengelola.
- Lahan parkir
Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi baik mobil atau motor, anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena di sana telah disediakan area parkir yang lumayan luas dan juga memadai.

- Warung atau tempat makan
Bermain-main di Bumi Perkemahan Selondo berjam-jam pastinya membuat perut anda lapar. Tak perlu bingung apabila anda tidak ada waktu atau lupa untuk menyiapkan bekal. Di sekitar sana anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.Di Bumi Perkemahan Selondo ada outbound yang bisa anda manfaatkan untuk melatih team work.
- Gazebo
Dengan dibangunnya gazebo-gazebo di sana, anda bisa dengan santai duduk-duduk sembari menikmati pemandangan pohon pinus dan pepohonan yang lainnya.

- Toilet umum
Salah satu fasilitas penting ini juga telah disediakan di sana jadi anda tidak usaj repot-repot mencari toilet di luar area obyek wisata.




Jam Buka dan Tiket Masuk ke Bumi Perkemahan Selondo

Obyek wisata Bumi Perkemahan Selondo dibuka selama 24 jam untuk para wisatawan yang mau berkunjung, dan juga anda yang akan kesana tidak perlu membayar tiket masuk, hanya perlu membayar biaya tiket parkir saja bagi yang membawa kendaraan pribadi cukup 3000 untuk parkir. 


                                 FESTIVAL GRAFITASI BUMI 2018
Festival Gravitasi Bumi 2018 di Selondo, Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi merupakan sebuah karya “seni kejadian berdampak”, mengakar kepada seni tradisi “upacara” yang menguatkan nilai-nilai lokal yang diadakan di desa wisata Ngrayudan, satu-satunya desa wisata di kabupaten Ngawi.

Bumi perkemahan Selondo merupakan salah satu  contoh tempat wisata lokal yang sejuk dan bersih.  Pada tempat tersebut, Taman Hutan Segawen dibuka oleh warga di dusun Gagar dan dilengkapi secara swadaya dengan alat permainan anak semacam ayunan dan juga lokasi pemantauan untuk membuat swafoto dan melihat panorama dari daerah Madiun di Timur sampai Surakarta di Barat. Taman Hutan Segawen menjadi lokasi wisata alternatif dan komplementer terhadap Bumi Perkemahan Selondo. Terdapat juga wisata ‘river tubing’ di kali Cunthang yang mengalir jernih dan deras melewati alam gunung.

Tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi oleh familygoers. Selain apreasiasi seni dan alam yang indah, banyak kegiatan yang bisa dinikmati oleh anak-anak semisal dongeng dan sulap. Hal lain yang menyenangkan adalah acara ini GRATIS untuk umum, familygoers hanya perlu datang dengan menggunakan pakaian nusantara sesuai kemampuan.

Mereka bukan petugas pemungut sampah, mereka diarahkan untuk menegur orang-orang yang membuang sampah sembarangan, memungut sampah yang ada. Dengan harapan semua yang hadir di sana akan lebih tersentuh nuraninya untuk menjaga kebersihan. Sangatlah menyenangkan dan banyak manfaatnya saat orang banyak berkumpul menikmati alam dan karya seni budaya, apalagi bila tanpa sampah.

                            
   
     
 < wisatawan banyak berfoto


< berbagai permainan diperkemahan dari sekolah lain


         Dibawah ini peta untuk ke seloondo



 Tanggal  kunjungan 27 oktober 2018

Comments

  1. Kak itu kalo mau kemah di Selondo perhari nya bayar berapa ?

    ReplyDelete

Post a Comment